Monday 30 October 2017

Gowes Sukamantri

Siapa sih yang tidak mengenal Sukamantri?? Kalau goweser yang hobby nanjak pasti sudah tidak asing lagi dengan jalur sukamantri. Bagi yang belum tau berarti mas bro sekalian kurang updet. Masa kids jaman now gak tau sukamantri. Banyak-banyakin googling makanya, jangan hoax terus yang dibanyakin..hihi
Hampir satu tahun lebih belum menyambangi Sukamantri, kangen juga akan rindangnya dedaunan, suara jangkrik dan bau hutan TNGH. Apalagi kemarin baru saja membeli hammock, momentnya jadi pas bnget, gowes plus hammockan di Sukamantri. Selain itu, trek makadam Kujang Raider yang melegenda bukannya bikin kapok,tetapi malah semakin membuat para goweser kangen ingin dan ingin kembali lagi kesana. It's the one of uniqueness Sukamantri Camping Ground. Kalau orang Jerman bilang ngangeni.
Sabtu 16 September 2017 berangkat jam 10.30 dari rumah janjian dengan Arif di Billabong jam 11.00. Sampai di Billabong belum ada tanda tanda kehidupan. Jam 11.10 Akhirnya Arif nongol juga. Dasar anak muda, gak butuh istirahat langsung ngajakin cussss aja. Kayanya dia udah tidak sabar untuk berkenalan dengan yang namanya tanjakan demit. Rute yang akan kami lewati yaitu Jl.Atang Sandjaya, bubulak, Pagelaran, Zam-zam tirta, Demit, pertigaan Cunang, masuk ke jalur Demit, banyak group gowes yang menyebutnya warung tutup, karena keseringan warungnya tutup terus. Tapi beberapa kali saya kesana warungnya kebetulan selalu buka, jadi saya menyebutnya warung buka..hehe..itu mah karena mereka lagi apes aja kali ya. Cuciann deh kamyuu.. Jam 12.30 kami akhirnya tiba di demit. Di tengah terik sinar matahari kami berdua berusaha sekuat tenaga menaklukan salah satu dari 10 tanjakan maut di Bogor, tapi versi saya..hihi.. kalau versi pulisi yang pertama pasti tanjakan Selarong.lol.
Meskipun dengan susah payah letih lelah kami akhirnya sampai di ujung tanjakan.
Next destination yaitu Sukamantri. Jam 13 lebih kami meninggalkan Demit. Incaran kami selanjutnya yaitu warung nasi dan mesjid. Tapi berhubung cuaca hot banget, justru kami lebih banyak berhenti di warung-warung kelontong membeli minuman. Cuaca panas perut kembung gowespun jadi mlehoy. Di pertigaan Ciapus Curug Nangka akhir ketemu jg warung padang, hajarrr...
Jam 14 kami melanjutkan perjalanan masuk ke jl Taman sari. Setelah melewati danau kami berhenti kembali di sebuah mesjid. Terlihat dari depan sedikit panas,tetapi jika kita ke belakang, sejuknya bukan maen bro. Habis Sholat rebahan jadi pengen tidur aja, gak pengen gowes. Sampai di pertigaan warung buka tutup, aspal berganti batu-batu. Meskipun matahari masih terik tetapi udaranya sejuk di tambah angin yang semilir. Jam 15.30 kami sampai di Kujang Raider, merupakan kawasan yang juga di pakai untuk latihan tentara. Pintu gerbang perkemahan sekitar 3 km dari gerbang ini. Meskipun jaraknya pendek,tetapi kami memerlukan waktu yang panjang hingga sampai gerbang perkemahan bumi sukamantri. Maklum mas broh, kita-kita bukan atlit pelatnas.
Jam 16.10 kami sampai di gerbang dan mmbayar biaya masuk 12ribu perorang. There 're something different when I last coming here. Sekarang sudah ada ikon bacaan Sukamantri, macem di tempat-tempat wisata lainnya. Tapi untung lah blum ada rumah pohon. Kalau udah ada rumah pohon, hadeuhh....
Pesen teh manis plus indomie telor sama ibu warung, cuci mulut dengan pisang. Hanamasa hokben warung teko,lewat dah nikmatnya sama ini. Setelah makan kami mulai mencari-cari pohon untuk memasang hammock. Beberapa saat berputar ke belakang kemudian kebawah kesamping ke atas tidak juga menemukan tempat karena kebetulan sedang ramai oleh para pengunjung yang kamping, akhirnya harus puas duduk2 saja menikmati Pemandangan kota bogor dari ketinggian.
Jam 17.30 kami meluncur pulang. Meskipun berupa turunan, tp karena berupa makadam, bukannya enak, tangan malah terasa kesemutan hingga harus beberapa kali berhenti buat senam tangan. Alhamdulillah jam 19.30 akhirnya tiba di rumah dengan total jarak 59 km. Trims buat bro Arif, meskipun gowes dadakan tetapi selalu siap tempur.

1 comment:

1. Boleh dishare om strava nya arau rute nya, jika memungkinkan😀🙏

GOWES CIORAY-SUKAMAKMUR

CIORAY-SUKAMAKMUR Senin 28 Pebuari 2022 bertepatan dengan hari libur Isra Miraj gowes dengan tujuan Cioray Sukamakmur. Setelah membaca berit...