Saturday 25 April 2020

30 Tanjakan Miring di Bogor

30 Tanjakan Miring di Bogor
Bagi goweser yang tidak suka travelling tetapi hobbynya nanjak mungkin ini bisa menjadi referensi untuk menghabiskan akhir pekan dengan bersepada. Bisa dilakukan seorang diri apalagi sekarang sedang musim Covid-19 sehingga setiap orang wajib melakukan physical distancing, ataupun dilakukan secara berkelompok dengan tetap menjaga jarak aman.
Semua rute tanjakan ini masih di sekitar Bogor seperti Sentul, Citereup, Leuwiliang, Rumpin, Pamijahan, Cisarua, dll sehingga bagi orang yang tinggal Bogor dan sekitarnya masih memungkinkan untuk gowes pulang pergi tanpa harus menginap.
Setiap tanjakan ada tingkat kesulitannya sendiri tergantung berapa tinggi tingkat elevasi dan panjang tanjakan nya. Berikut ini merupakan tanjakan atau rute nanjak yang ada di daerah Bogor dan sekitarnya yang patut di coba bagi para penikmat jalan nanjak:
1. Desa Hambalang
Merupakan salah satu rute menanjak yang memiliki beberapa variasi jalan sehingga tidak membuat bosan jika kita setiap akhir pekan kesana. Variasi ke 1 kita bisa melewati putatnutug di citereup dengan melewati uviversitas pertahanan. Variasi ke-2 bisa melalui jalan raya Tajur yaitu setelah Kebun Pasir Mukti ambil jalan ke kanan akan tembus menuju desa Hambalang. Variasi ke-3 bisa melalui Golf belakang sirkuit sentul. Di tengah perjalan nanti kita bisa memilih melewati jalan wisma atlet atau bisa melalui depan kantor tagana yang menyingkat jarak dengan konsekuensi jalannya lebih miring. Semua variasi tersebut akan berakhir di warung teteh hambalang samping kantor desa Hambalang atau ke warung H Sule di belakang kantor Desa Hambalang. Jika kita masih memiliki tenaga karena dosis nanjaknya sudah berlebih, kita bisa melanjutkan nanjak ke kampung baru untuk kemudian diteruskan ke jalur anaconda
2. Km 0 Sentul
Rute ini merupakan rute klasik, setiap pesepeda di Jabodetabek pasti mengetahui rute nanjak ini mulai dari BMX, seli, RB, MTB, fixie dll. Dengan akses yang mudah dijangkau dan waktu tempuhnya relatif singkat, cocok bagi goweser yang hobby nanjak dengan jadwal yang padat. Goweser luar kota bisa loading disekitaran Sentul dengan waktu 1-2 jam sudah tiba di Km.0. Bagi goweser yang ingin tanjakannya lebih nendang bisa melewati Bojong koneng sedangkan jika ingin lebih landai tetapi dengan jarak yang lebih jauh bisa melalui jalur Cijayanti.
3. Gn. Pancar
Rute ini merupakan salah satu rute saya ketika pertama kali mengenal tanjakan. Bagi goweser yang sudah mulai jenuh di pungut retribusi jika melalui gerbang depan, goweser bisa melalui belakang gunung pancar yaitu Cimandala. Jalan kampung dengan tanjakan yang lebih menggigit dibandingkan jika melalui jalur depan titik kulminasi di sebuah sekolah dasar.
4. Gunung Geulis
Gunung geulis terkenal akan lapangan golf, hotel dan wisata. untuk menuju kesana ternyata diperlukan usaha yg lebih. Rute menuju tanjakan gunung Geulis kita bisa melalui jalan katulampa dengan melewati perkampungan dan tiba di tengah2 hamparan rumput golf yg hijau atau bisa juga melalui Gadog Pasir angin. Habis nanjak pasti lapar? Gak usah khawatir, selepas menanjak kita dapat memesan sop iga di warung Eva yang tidak perlu diragukan lagi kelezatannya. Kosongkan perut dan siapkan uang yang cukup ya gaiss.. Yukk gowes kesana...
5. Rainbow hill.
Bukit pelangi atau rainbow hill merupakan Salah satu jalur yg bisa dilewati untuk menuju Km 0. Tetapi jika goweser ingin mencari sensasi yang berbeda, bisa membelokkan handlebaar goweser ke arah Rainbow hill. Bagi goweser yang takut kulitnya hitam, tidak perlu takut karena meskipun tanjakannya cukup panjang tetapi sepanjang jalan goweser akan di payungi oleh rimbunnya pepohonan. Jadi perawatan goweser dijamin tidak akan rusak.
6. Cisadon
Desa Cisadon merupan trek uphill dengan jalur makadam yang cukup menantang. Meskipun jaraknya tidak terlalu Jauh dari Km 0 tetapi karena jalurnya tanah dan batu dibutuhkan extrA tenaga, waktu dan air minum yg lebih untuk mencapai kesana. Di tahun 2022 sepertinya mulai banyak warung disepanjang jalur menuju Cisadon, karena sekarang ini bukan hanya goweser yang kesana, para pelari dan pecinta treking mulai banyak yang menjadikan Cisadon sebagai destinasi wisata olahraga. Sesampai di desa Cisadon kita akan disuguhkan pemandangan desa dan alam yang luar biasa asri. Apalagi sambil menyeruput kopi luwak liar khas Cisadon. Cukup dengan 5 ribu kita mendapatkan segelas kopi luwak liar asli khas Cisadon. Sehabis makan nasi liwet dan sambel ulek Cisadon kita dapat turun ke arah jalan raya puncak dengan melewati Puncak Langit Camping Ground dan Kampoeng Awan yang tersohor.
7. Jalur Anaconda
Untuk goweser yang hobi trek oprot jalur ini sangat rekomended untuk dinikmati. Patut untuk coba ditaklukan untuk goweser yang belum pernah menjajal trek ini. Trek ini merupakan salah satu jalur offroad disekitaran sentul yang cukup menantang. Masuk dari jalan Alam Sentul kemudian mengikuti jalur rencana Puncak 2. Kita akan di suguhi pemandangann yang lain dari biasanya. Jika ingin kesini siapkan cadangan air banyak ya guys dan cadangan tenaga yang cukup ya guys. Tapi dijamin pasti seru.. Kalo gak seru...uang tidak bisa kembali. Disarankan jika kesini saat musim kemarau, karena jika musim hujam treknya sukar di gowes dan sungai yang ada di tengah-tengah jalan menuju ke Cibadak seringkali meluap kala musim hujan. Belum lagi jika terjadi hujan petir sangat berbahaya ketika kita berada di tengah- tengah trek.
8. Tanjakan tembok Sukamakmur.
Rute Sentul-Leuwihejo-Sukamakmur-Mang Ade Puncak pasti melewati tanjakan ini. Tanjakan tembok merupakan tanjakan menjelang curug Ciherang dimana kanan kiri jalannya terdapat tembok. Tetapi ada juga yang menyebutnya tanjakan putus harapan, karena disaat tenaga sudah terkuras habis kita dihadapi dengan sebuah tanjakan panjang pastinya seperti orang yang putus harapan. Sebenarnya suka-suka kita saja menyebut tanjakan ini dengan sebutan apapun, karena belum ada hak paten nama untuk tanjakan ini, jadi sambil nanjak goweser bisa berkreasi untuk memberikan nama untuk tanjakan ini dalam versi masing-masing. Kalau saya sih biasa menyebut ini sebagai tanjakan ayu ting-ting, karena pas nanjak sambil denger lagi sambelado dihetset bikin nanjak jadi goyang-goyang sedap. Lebih lebih jikalau kita melalui sentul leuwihejo yang mana tenaga sudah banyak keluar, belum lagi setelah Ciherang menuju Warung Mang Ade Puncak. masih banyak tanjakan menanti. Persiapkan fisik yang cukup ya gaes jika ingin melalui jalur ini... Fisik sehat insyalllah aman..
9. Setu Rawagede
Salah satu setu dengan pemandangan eksotis yang letaknya tidak jauh dari curug Ciherang. Selain melalui tanjakan tembok, akses setu rawagede bisa juga melalui Jalan perkampungan. Meskipun kampung tetapi jalannya sudah di beton. Pemandangan bukit, sawah dan kontur jalan membuat kita sering2 berhenti untuk berfoto.
10. Tanjakan demit
Mendengar Namanya saya sudah menyeramkan apalagi kalau kita berpapasan dengan tanjakan ini. Ada yang lutut sampai gemetaran, ada yang nuntun, ada yang pura2 foto tetapi banyak pula yang kuat sampai ujung tanjakan. Demikian julukan tanjakan yang terletak di jl. Sengked Ciomas ini diberikan oleh para goweser.
11. Tanjakan pura kampung Salaka.
Sehabis goweser melahap tanjakan demit, bagi yang kurang puas bisa melanjutkan ke purajakatkarta kampung Salaka. Tanjakannya cukup membuat keringat terkuras dan kalori banyak terbakar. Sampai di depan pura jalan lupa untuk mencicipi nasi merah dan makasan rumah khas warung teteh pura. Sehabis making bisa melanjutkan selfie2 di kampung Salaka.
12. Buperta Sukamantri
Sukamntri camping ground termasuk dalam wiilayah Taman nasional Gunung Halimun Salaka(TNGH). Jaraknya tidak jauh dari Kota Bogor, rutenya bisa melalui BNR, Jalan Raya Ciapus atau melalui tanjakan demit. Dahulu jalurnya berupa jalan makadam khas TNGH, tetapi berhubung sekarang jalannya sudah di beton sehingga sensasi menanjaknya agak berkurang. Tetapi bukan berarti tidak patut dicoba, menanjak di tengah rimbunan hutan TNGH nan sejuk berudara segar
13. Tanjakan Patung Gajah
Terletak di desa Tajur Halang. Sebelum disuguhi tanjakan patung Gajah yang miring miring kita bisa menukmati sajian Susi Jahe dan berbagai menu gorengan di patung Kuda(letaknya sebelah patung Gajah).
14. Embrio
Dari patung Gajah kita bisa melanjutkan perjalanan menuju Balai Embrio Ternak di daerah Cijeruk. Setelah patung Gajah belok Kiri melalui Villa Botani kemudian ke trek DH Cihideung sebelum sampai di depan jalan masuk BET. Masuk jalan BET kita akan langsung disajikan tanjakan yang bikin jantung manari nari kesana kemari. Plang BET dan pos satpan menjadi akhir dari perjalanan ini. Untuk bisa melanjutkan sampai pos 3 tanjakan ini kita harus memiliki ijin terlebih dahulu dari petugas yang berwenang. Dari Pos BET kita bisa melanjutkan ke Bukit alesano untuk session foto2 Sekitar 5-10 menit kita akan sampai di di sebuah rumah yang berdiri di tengah2 di atas Bukit.
15. Penangkaran Elang Loji
Terletak di daerah Loji Bogor, rutenya bisa melalui aspal jalan Cihideung atau bagi yang suka blusukan dari Bukit alesano bisa melanjukan ke arah penangkaran Elang. Melalui aspal jalan Loji
16. Tanjakan Koi
Terletak sebelum gerbang Gunung bunder(TNGH). Dinamakan tanjakan KOI karena dulunya ada peternakan ikan Koi, tetapi sekarang ini sudah tidak nampak lagi perternakan ikan Koi. Untuk menuju tanjakan koi kita bisa melalui depan terminal tenjolaya masuk ke arah curug Ciputri setelah tanjakan pertama berbelok ke kanan mengikuti petunjuk arah curug Ciampea. Sebelum Curug ciampea kita bisa bertanya ke penduduk sekitar arah menuju Gunung Bunder. Rute ke dua bisa juga dari terminal tenjolaya ke arah gunung bunder nanti berbelok ke kiri mengikuti jalan beton.
17. Tanjakan pohon Bambu Kp.ibu
Letaknya di samping tanjakan koi, sebelum tanjakan koi ada jalur semen yang cukup di lalui satu kendaraan bemotor. Jalan ini merupan jalan alternatif menuju wisata genggelang. Sebelah kanan jalannya di tumbuhi pohon-pohon bambu sedangkan di sebelah kiri jurang terjal sehingga merupakan jalur yang pas untuk nuntun-nuntun sepeda jika tidak ingin berbuat kesalahan fatal.
18. Tanjakan Gunung Malang
Tanjakan cekdam atau tanjakan gunung Malang terlatak di desa Gunung Malang arah menuju curug Luhur. Jika goweser ingin merasakan lezat dan nikmatnya tanjakan ini, goweser bisa menuju stamplas angkot jurusan Laladon Situdaun. Tidak perlu khawatir jika gowes kesiangan, karena tanjakan Gunung malang di payungi pohon bambu yang membuat kondusif untuk menanjak, asalkan dengkul kondusif pada ujung tanjakan bisa menikmati semangkuk indomie telor dan teh tawar panas sambil menikmati pemandangan alam dari atas gunung malang.
19. Tanjakan Gunung Menir
Selain Gunung bunder ada juga Gunung Menir di Desa Ciasihan yang merupakan kampung surganya Curug. Karena begitu banyaknya curug-curug yang terdapat di Desa ini seperti curug ciparay, curug seribu, curug saderi, curug dll. Untuk rute yang paling mudah menuju kesana bisa melalui jalur cibatok menuju Gunung bunder, sampai dipangkalan angkot kita berbelok ke kanan melewati kopi tabung kemudian belok ke kiri, atau jika kurang yakin bisa bertanya ke penduduk lokal.
20. Curug Ciparay
Terletak di desa Ciasihan merupakan kelanjutan dari jalur Gunung Menir. Jika goweser telah mandi keringat melahap tanjakan Gunung Menir sangat disayangkan jika melewatkan mandi di air terjun langsung dari sumber mata air pegunungan dijamin bakalan segar dan mengembalikan tenaga yang hilang terkuras. Dari Gunung Menir kita bisa melanjutkan ke fase berikutnya yaitu menuju Curug Ciparay. Jalan menuju curug Ciparay di dominasi oleh full tanjakan berupa jalan beton, pendek-pendek tapi tanjakannya menyakitkan hati. Siapkan dengkul dan kesabaran yang cukup agar sukses menaklukan tanjakan-tanjakan disepanjang jalan menuju curug Ciparay. Sampai di Desa wisata Ciasihan perjuangan kita akan terbalaskan dengan pemandangan yang tersajikan dan banyaknya tempat wisata disana. So..tunggu apalagi...Kuyyy...
21. Tanjakan Babinsa
Bagi para pemburu tanjakan, trek yang satu ini wajib dicoba untuk mengetes heart rate kita sampai seberapa tinggi. Terletak di daerah rumpin parung, dari pasar Nyungcung kita belok kanan mengikuti jalur beton sekitar satu jam perjalan kita akan sampai di tanjakan babinsa. Di sebut tanjakan babinsa karena jalannya di bangun oleh Babinsa setempat. Tanjakan curam dan panjang melebihi tanjakan demit. Disini mental goweser bakal di uji. Jika tidak kuat akan turun sadel jika masih sanggup akan berusaha sekuat tenaga sampai di ujung tanjakan. Jika kita sudah di ujung tanjakan kita akan senyam-senyum ataupun tertawa-tawa melihat perjuangan teman kita yang tersengal-sengal berusaha menaklukan tanjakan ini.
22. Tanjakan Cimanceri
Cimanceri merupakan sebuah kampung di daerah rumpin. Letaknya di atas bukit menjadikan kampung ini hanya bisa diakses roda dua saja. Merupakan satu jalur menuju babinsa, bedanya sebelum babinsa kita berbelok ke kanan. Memasuki kampung berupa jalan semen yang semakin masuk ke dalam semakin menanjak. Akhir dari rute ini adalah sebuah sekolah dasar. Goweser yang tidak kuat menanjak atau malas untuk menggowes dapat memanfaatkan jasa anak2 kecil yang menawarkan jasa dorong sampai sekolah dasar. Bagi Goweser yang hoby blusukan, dari cimanceri bisa melanjutkan ke kebun teh Cirangsad daerah Cigudeg. Meskipun jalannya makadam, tapi justru jalan seperti inilah yang dicari-cari goweser. Jalan-jalan batu, suasana sepi tanpa sinyal dan penduduk ditambah pemandangan bukit-bukit nan indah. Niscaya goweser bukannya kapok tetapi malah ingin mengulangi kembali.. Yang biasa CFD-an yuk sekali-sekali menjajal trek ini... Biar sekali-sekali juga gowes bebas asap kendaraan.
23. Tanjakan Gunung Suling
Cagar Alam Gunung Suling terletak di daerah rumpin. Tipe tanjakan nya seperti tanjakan kampung cimanceri. Diatasnya terdapat kampung yang disebut kampung Haniwung. Jika goweser ingin kesana waktu yang paling tepat ketika musim durian, karena di kampung haniwung goweser bisa menikmati durian parung asli dari kampung Haniwung. Rasanya yang manis dan harganya yang miring, membuat kita harus pandai-pandai mengendalikan diri jika tidak ingin gula darah naik dan kepala berputar-putar.
24. Tanjakan Pabangbon.
Pabangbon terkenal sebagai desa wisata dengan pemandangan alamnya yang memikat setiap pengunjung yang melihatnya. Dengan mengusung brand PAPA yaitu Panorama Pabangbon dalam waktu yang relatif singkat menjadi hits dan viral di medsos. Setiap akhir pekan bahkan sampai mengalami kemaceran... Gile lho droo.. Terletak di desa pabangbon kecamatan Leuwiliang. Selain panoramanya yang sudah hits, tanjakan pabangbon juga merupakan salah Saturday tanjakan yang hits untuk dicoba. Untuk menikmati menu tanjakan komplit ala pabangbon, ada baiknya goweser. Meneruskan rute dari pabangbon ke jalan raya antam pongkor. Menu super komplitnya bisa pula di teruskan ke arah desa malasari. Goweser yang penasaran ingin Mencoba, gak usah mikir terlalu lama, jangan menunggu sproket karatan, kumpulin tenaga yang banyak biar lulus semua tanjakan di pabangbon.
25 Tanjakan Keramat
Terletak di Desa Malasari yang merupakan salah satu desa wisata dengan wisata unggulamnya yaitu 1000 sawah terasering dan bangunan bersejarah kantor bupati yg pertama. Untuk mencapai ke desa Malasari bisa melalui jalan raya antam atau desa melalui desa Tanjakan Keramat dimulai dari kantor desa Malasari sampai gerbang masuk TNGH. Elevasinya yang lancip di tambah tenaga sudah terkuras habis, karena sejak dari leuwiliang sampai Malasari berupa full tanjakan, hanya sedikit orang yang lulus di tanjakan ini. Untuk goweser yang kerjaannya nanjak, tapi hobi cari duit, rekomended banget ini tanjakan untuk di coba.
26 Kebun teh Cirangsad.
Selain kebun teh Gunung Mas dan Kebun teh Cianten, ada juga yang namanya kebun teh Cirangsad. Untuk rute gampangnya bisa melalui kebun sawit Cigudeg kemudian belok kanan mengikuti aspal hingga sampai di perkebunan teh Cirangsad. Tetapi ada juga rute lewat kampung dan tanjakannya lebih miring, goweser bisa pulang melewati jalan perkampungan dengan rute yang lebih pendek sampai di pasar Leuwiliang. Jika sudah sampai di Cirangsad bisa melanjutkan ke tanjakan Menara TVRI Gunung Tela, silakan menimati pemandangan hamparan kebun teh dari puncak tertinggi
27. Tanjakan Si Genjlong
Tanjakan si Genjlong atau tanjakan tebing kandara merupakan salah satu tanjakan yang tidak bisa untuk tidak berhenti. Terletak di kampung Sadengkolot Leuwisadeng merupakan salah satu alternatif jalan blusukan ke panorama pabangbon dengan tembus tembus di bawah warung diseberang loket Papa. Sejatinya jalan yang sudah berupa beton ini menuju ke Panorama Alam wangun Jaya atau biasa di sebut penduduk sekitar yaitu pawaja. Pawaja masih dirintis oleh penduduk sekitar. Masyarakat sekitar ingin menjadikan pawaja seperti pabangbon yang ramai di kunjungi wisatawan lokal. Sebelum nantinya ramai oleh wisatawan, yukk goweser segera mencicipi tanjakan si Genjlong, tanjakan yang meliuk-liuk bagai anak tangga, bikin nyali goweser ciut jika melihat ke atas. Jurus uler, jurus naga atau jurus keong siput yang mlipir menipi bisa di gunakan tanpa harus malu ada yang melihat, karena jalannya relatif masih sepi, udaranya masih fresh dan pemandangan instagramable. Tidak usah berpikir lama-lama, gak perlu ajak teman jika temannya tidak mau, langsung saja sikattt miring tanjakan si genjlong jangan sampai kehabisan.
28. Rute Curug Panjang-Cibulao/Paseban
Rute ini saya gabungkan karena pada dasarnya meski berbeda tempat tetapi merupakan rute sejalur. Curug panjang dan Curug Cibulao merupakan curug yang terletak di daerah Megamendung Puncak. Jika kita akan ke Cibulao pastinya akan melewati Curug Panjang. Rute Curug Panjang Cibulao bisa melalui gang pesantren atau bisa melalui Pusdikreskrim Polri Megamendung. Melalui gang Pesantren goweser akan dihadang oleh tanjakan-tanjakan yang bikin hidung kembang kempis. Ditengah perjalanan akan ada jalan bercabang menuju Curug Panjang. Bagi goweser yang merasa belum terpuaskan bisa abaikan jalan menuju curug Panjang dan tetap lurus ke arah Cibulao/Paseban. Sedangkan jika goweser ingin sedikit santai bisa melalui Pusdikreskrim Polri Megamendung. Kontur tanjakan yang panjang dengan kanan kiri rimbunan pepohonan menjadikan gowes melalui jalur ini terbilang adem meski dilalui saat siang hari. Sampai di Curug Panjang jika goweser ingin melanjutkan ke curug Cibulao bisa melalui jalan disamping warung meskipun harus sedikit dorong-dorong sepeda maka akan sampai di tanjakan terakhir menuju Cibalao dan Paseban. Sepertinya sia-sia jika gowes kesini hanya mendapat tanjakan, tetapi melewatkan mandi di curug nan dingin dan jernih. Goweser bisa mampir di Curug Cibulao yang posisinya berada diatas Curug Panjang. Selesai mandi bisa berfoto di lapangan Paseban yang disaat tertentu terkadang turun kabut sambil menikmati indomie telor dan teh mannis di warung teteh paseban.
29. tanjakan Eagle Hill
Eagle hill Camp Merupakan sebuah tempat bercamping dan kegiatan outbond terletak di daerah Megamendung Puncak. Posisinya tidak jauh dari Pusdikreskrim Megamendung. Setelah tanjakan Bank Mega jika lurus turus akan menuju Curug Panjang, kita berbelok ke kiri menikuti papan petunjuk Eagle Hill. Tanjakannya dijamin membuat goweser melet-melet kaya orang celamitan.... Penasaran kan? tunggu lagi apalagi...berangkuy!!
30. Tanjakan Gunung Kendeng
Tanjakan ini terletak setelah kita melalui Kebun teh Cianten arah menuju Cipeteuy. Goweser yang melakukan ritual Salak Loop mayoritas melewati tanjakan miring yang satu ini.Tanjakan Gunung Kendeng akan lebih berat jika kita balik dari arah Cipetuy menuju Cianten, Tanjakannya menjadi lebih panjang dan titik kemiringannya juga bertambah berat.

No comments:

Post a Comment

GOWES CIORAY-SUKAMAKMUR

CIORAY-SUKAMAKMUR Senin 28 Pebuari 2022 bertepatan dengan hari libur Isra Miraj gowes dengan tujuan Cioray Sukamakmur. Setelah membaca berit...