Tuesday 27 December 2016

Gowes Gunung Batu

Gowes Telolet ke Gunung Batu. Gunung Batu merupakan sebuah Gunung yang terletak di Desa Sukaharja Kecamatan Sukamakmur Bogor yang memiliki ketinggian 875 Mdpl. Meskipun secara administratif gunung batu masuk dalam wilayah kab Bogor tetapi orang lebih mengenal sebagai Gunung Batu Jonggol. Tema telolet dipilih karena fenomena bus telolet yang sedang hits dihampir penjuru dunia #twitter. Sampe-sampe Donald Trum aja, presiden amrik yang baru kepilih bingung What is om telolet om?? Gak pernah maen ke Jawa sih om yang satu entu.
Senin 26 Desember 2016 berangkat dari rumah di Bojonggede sekitar jam 09.30 dengan cuaca yang panas. Sampai di Harris Hotel Sentul stok minum sudah habis langsung mampir di alfamart, beli Aqua, Pocari dan Ultra kacang ijo. Sampai di SDN Cibadak 01 sekitar pkl 13.00. Mampir dulu di warung Sop Iga seberang Mesjid. Inilah menu yang paling di idam-idamkan kalau gowes lewat jalur ini. Tanpa terasa 1 piring nasi sudah habis dilahab, lanjut sendokan piring ke-2 ditemani tahu dan tempe goreng. Perut sudah kenyang, jam 13.24 langsung lanjut kembali. Sampai di pasar Sukamakmur jam 13.42, kemudian Sholat Zuhur sekitar jam 14.00 di mushola tempat biasa. Sampai di pertigaan petunjuk papan nama, sekitar jam 15.00 kurang. Berhenti dulu di pos sambil menikmati kerupuk sisa makan di warung Sop tadi. Setelah makan kerupuk, tenaga terasa bertambah semangat gowes timbul kembali. Awal-awal saja menikmati turunan, beberapa ratus meter kemudian ketemu juga yang namanya tanjakan. Lha iyalah, masa ke gunung gak nanjak. Gunung yang lain yg gak nanjak mah. Jika dibandingkan dengan tanjakan menuju Curug Ciherang, tanjakan Gunung Batu bisa dikatakan lebih bersahabat untuk tipe dengkul macem saya. Setelah gowes selama kurang lebih 1 jam, sampai juga di Gunung Batu. Minta tolong sama ibu-ibu untuk di fotoin.
Berhenti di warung depan pintu masuk pesan kelapa muda. Maknyuusss bener... kepala yang tadinya banyak bintang-bintang berganti dengan rembulan, padahal masih sore ya. Jam 16.15 pamit pulang sama akang penjaga warung. Untuk trekking nanjak ke puncak Gunung Batu menurut keterangan si akang membutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan.. Olalah...next time aja deh klo gitu. Turunan 4 km dilahap dengan cepat, bahkan kalau ada turunan 50 km juga bakalan di babat habis. Sayang setelah 4 km jalannya menjadi turun naik gak karuan, bikin perut yang kenyang jadi mules-mules kaya habis makan sambel.
Rute pulang melalui jalan Tajur Fisabilillah Pasar Citeurep dengan menggunakan lampu yang sudah disiapkan. Sampai di citeurep beli minum yang banyak kemudian isi perut dengan pecel lele. Sampai dirumah sekitar pukul 21.00 lebih dikit dengan total jarak 92 km.
Alhamdullilah gowes telolet berlangsung dengan tolelot....

No comments:

Post a Comment

GOWES CIORAY-SUKAMAKMUR

CIORAY-SUKAMAKMUR Senin 28 Pebuari 2022 bertepatan dengan hari libur Isra Miraj gowes dengan tujuan Cioray Sukamakmur. Setelah membaca berit...